Senin, 03 April 2017

SKRINNING PELAYANAN PEMERIKSAAN IVA DAN PELAYANAN KB GRATIS DI KECAMATAN TELAGA BAUNTUNG

Kanker leher rahim (Ca Cervix) merupakan kanker terbanyak yang diderita perempuan di Indonesia. Secara statistik, hampir setiap 1 jam terdapat 1 perempuan yang meninggal akibat kanker leher rahim. Data rumah sakit sentral Indonesia terdapat 15.000 pasien baru kanker leher rahim setiap tahunnya, dan 8.000 diantaranya meninggal. Keadaan ini berbeda dengan di negara maju, umumnya kanker serviks sudah menurun jumlahnya berkat program skrining kanker serviks. Di Indonesia masalah banyaknya kasus kanker serviks diperburuk lagi dengan banyaknya kasus (>70%) yang sudah berada pada stadium lanjut ketika datang ke Rumah Sakit. Kasus kanker serviks di Indonesia di tingkat rawat jalan lanjutan cukup banyak.

Maka untuk mendorong upaya pencegahan, deteksi dini kanker serviks Badan Kependudukan Keluarga Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) untuk melaksanakan  kegiatan Skrinning Pelayanan Pemeriksaan IVA dan Pelayanan KB gratis, bertempat di Puskesmas Telaga Bauntung Selasa, 29 Maret 2017 sekitar 80 orang peserta sudah berkumpul untuk mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan ini sendiri juga dihadiri oleh Camat Telaga Bauntung, Kepala Puskesmas Telaga Bauntung, Kabid KB BKKBN Provinsi, Kabid KB dan KS DP2KBP3A, dan TNI dari Kodim 1006 Martapura.

Sambutan pertama dari Kepala Puskesmas Telaga Bauntung H. Gusti Basit, dilanjutkan sambutan kedua oleh Camat Telaga Bauntung H. Gusti Mawardi dan dalam sambutannya beliau menghimbau kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan kesadaran mereka untuk memeriksakan diri dan berpartisipasi dalam pelayanan baik pemeriksaan IVA maupun pemasangan alat kontrasepsi. Dan sambutan terakhir dari Kabid Keluarga Berencana Dr. Hendra Prakosa yang menjelaskan tentang maksud dan tujuan pelayanan IVA mengajak bersama masyarakat untuk mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan pun berlangsung dari Pelayanan Pemeriksaan IVA di Puskesmas Telaga Bauntung, animo masyarakat terlihat dari padatnya antrian pendaftaran pemeriksaan, sementara menunggu antrian peserta bisa mendengarkan Sosialisasi tentang Kanker Serviks oleh Dr. Taufik selaku Narasumber, yang mana masyarakatnya pun terlibat dan aktif bertanya, Pelayanan Pemasangan alat Kontasepsi melalui Mobil Unit Pelayanan DP2KBP3A Kab. Banjar pun juga dipadati peserta kegiatan tersebut, sebanyak 10 akseptor pemasangan implant dan 1 orang MOP.

Ditempat yang sama Kabid KB dan KS, Alfisah, SKM, MM menambahkan dengan kegiatan seperti ini diharapkan agar dapat mengurangi morbiditas atau mortalitas dari penyakit dengan pengobatan dini terhadap kasus-kasus yang ditemukan. Untuk mengetahui kelainan yang terjadi pada leher rahim, dan kegiatan seperti ini pas dilaksanakan bersamaan dengan pelayanan pemasangan alat kontrasepsi untuk meningkatkan kualitas pelayanan KB melalui sarana mobilitas daya jangkauan KB untuk pemenuhan gerakan keluarga berencana dapat terlayani, sampai ke tingkat bawah Selain itu juga pelayanan seperti ini juga untuk memberikan informasi dan edukasi bagi masyarakat dipedesaan.

Dengan kegiatan ini diharapkan agar terciptanya kerjasama yang baik antar berbagai pihak serta kesadaran dari masyarakat untuk Meningkatkan kepesertaan KB dengan MKJP serta dapat mencegah sedini mungkin rerjadinya kanker mulut rahim bagi masyrakat.









0 komentar:

Posting Komentar