Minggu, 27 Agustus 2017

PENCANANGAN KAMPUNG KB DI DESA BELAYUNG BARU KECAMATAN KERTAK HANYAR

Pencanangan kampung Keluarga Berancana (KB) di desa-desa Wilayah Kabupaten Banjar terus berlanjut. Kali ini pencanangan kampung KB Tingkat Desa dilaksanakan di Desa Belayung Baru, Kecamatan Kertak Hanyar pada hari Rabu 23 Agustus 2017.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KB3A) Kabupaten Banjar yang diwakili Kabid Pengendalian Penduduk Drs. H. Zainal Muttaqin, MM, Camat Kertak Hanyar Drs. H. Harun Al Rasyid, M. Si, Seluruh Lurah dan Pambakal Kertak Hanyar, Danramil, Kapolsek serta jajaran PLKB, Kader PKK Desa dan masyarakat Desa Belayung Baru. Selain itu juga di laksanakan pelayanan KB gratis dengan media Mobil Unit Pelayanan DP2KBP3A Kab. Banjar Mewakili Kepala DP2KBP3A Kab. Banjar, Kabid Dalduk Drs. H. Zainal Muttaqin, MM mengatakan kampung KB menjadi salah satu inovasi strategis untuk dapat mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas program kependudukan baik itu program KB maupun Pembangunan Keluarga secara utuh di lapangan.

Pencanangan kampung KB di Desa Belayung Baru Kecamatan Kertak Hanyar diawali dengan penandatanganan Prasati oleh Camat Kertak Hanyar Drs. H. Harun Al Rasyid, M. Si dan penandatanganan Deklarasi kampung KB oleh Lurah dan Pambakal se-Kecamatan Kertak Hanyar, dilanjutkan penyerahan bantuan sarana PPKBD berupa IUD KIT dan IMPLANT KIT serta pembacaan ikrar oleh PLKB, Kader PPKBD dan Bidan Desa.

"Kampung KB merupakan salah satu bentuk / model miniature pelaksanaan total program Kependudkan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh yang melibatkan seluruh bidang dan mitra kerja instansi terkait sesuai kebutuhan dan kondisi wilayah, serta dilaksanakan di lingkungan terendah," terangnya. Kampung KB dikelola dan diselenggarakan dari dan untuk masyarakat, dalam hal ini dilaksanakan guna memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat, untuk memperoleh pelayanan total program KB. “Itu dilakukan sebagai upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas, agar mampu mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul dan kehidupan keluarga yang berkualitas, tenteram dan sejahtera. Sehingga Program ini menjadi urgen dilakukan, mengingat jumlah penduduk semakin bertambah dari waktu ke waktu," lanjut Beliau.

Dari Pencanangan kampung KB di Desa belayung Baru diharapkan menjadi motivasi semua elemen untuk bersama-sama menjadikan Desa tersebut sebagai keluarga yang lebih sejahtera di kemudian hari melalui program KB dan program lain yang terkait dengan peningkatan keluarga sejahtera.










0 komentar:

Posting Komentar