Kamis, 17 Agustus 2017

SOSIALISASI PHBS (PRILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT TINGKAT PROPINSI) TK. PROPINSI KALSEL DESA KIRAM

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat adalah wujud keberdayaan masyarakat yang sadar, mau dan mampu mempraktekkan PHBS. Dalam hal ini ada 5 program priontas yaitu KIA, Gizi, Kesehatan Lingkungan, Gaya Hidup, Dana Sehat / Asuransi Kesehatan / JPKM.

Sosialisasi dalam rangka PHBS adalah upaya untuk memberikan pengalaman belajar atau menciptakan suatu kondisi bagi perorangan, keluarga, kelompok dan masyarakat, dengan membuka jalur komunikasi, memberikan informasi dan melakukan edukasi, untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku, melalui pendekatan pimpinan (Advokasi), bina suasana (Social Support) dan pemberdayaan masyarakat (Empowerment). Dengan demikian masyarakat dapat mengenali dan mengatasi masalahnya sendiri, terutama dalam tatanan masing-masing, dan masyarakat dapat menerapkan cara-cara hidup sehat dengan menjaga, memelihara dan meningkatkan kesehatannya.

Jumat, 11 Agustus 2017 DP2KBP3A Kabupaten Banjar berkesempatan memberikan sosialisasi kepada ibu-ibu masyarakat di desa Kiram Kecamatan Karang Intan untuk memberikan Sosialisasi dalam rangka Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, bertempat di rumah sekretaris Desa Kiram Kecamatan Karang Intan Sosialisasi ini dilaksanakan dan dihadiri oleh ibu pambakal, bidan desa, ibu sekdes dan ibu-ibu masyarakat desa kiram, acara dibuka langsung oleh Kabid Pengendalian Penduduk Drs. H. Zainal Muttaqin, MM, dalam sambutannya beliau menghimbau kepada Ibu-Ibu yang hadir agar selalu berprilaku hidup sehat, mulai dari mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun, mengonsumsi makan sehat, membuang sampah pada tempatnya, dan pendewasaan usia perkawinan bagi remaja yang idela serta dampak bagi masyarakat narkoba.

Kemudian dilanjutkan dengan materi tentang prilaku hidup bersih dan sehat, narkoba, kesehatan reproduksi remaja serta pendewasaan usia perkawinan yang ideal bagi remaja yang dibawakan oleh Kasi Advokasi KIE dan Data Informasi Agus Suprantio, MPH. Beliau menghimbau kepada para ibu-ibu yang hadir selalu berprilaku sehat baik dalam kehidupan sehari-hari mulai mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun, jauhi narkoba, dan pentingnya kesehatan reproduksi bagi ibu dan anak-anak mereka yang masih remaja serta pendewasaan usia perkawinan bagi anak-anak mereka.




0 komentar:

Posting Komentar