Senin, 16 Oktober 2017

Pencanangan Kampung KB di Desa Simpang Warga Dalam Kecamatan Aluh-Aluh

Rabu 4 Oktober 2017,Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kab. Banjar Kembali melaksanakan Pencanangan Kampung KB Berdasarkan Instruksi Presiden, Surat Edaran Mendagri Nomor: 440/70/SJ tanggal 11 Januari 2016 perihal Pembentukan dan Pencanangan Kampung KB, Dan Surat Edaran Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Nomor. 475/430/2016 tanggal 10 Februari 2016 tentang Pembentukan dan Pencanangan Kampung KB. Kali ini Pencanangan Kampung KB dilaksanakan di Kecamatan Aluh-aluh, Pencanangan Kampung KB Kali ini di hadiri oleh Camat Aluh-Aluh, KUA, Polsek, Danramil, seluruh pambakal se-Kecamatan Aluh-Aluh, perwakilan instansi terkait dan masyarakat.

Acara tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan laporan penyelenggara koordinator penyuluh KB Kecamatan Aluh-aluh H. Misbahul Munir, S.Ag, sambutan dari Kepala Dinas DP2KBP3A Kab. Banjar yang diwakili Oleh Sekretaris DP2KBP3A Kab. Banjar Dra. Hj Masitah dan dibuka oleh Camat Aluh-Aluh Saaludin, dalam kegiatan kali ini juga diisi dengan motivator perwakilan KB Pria dari Koramil oleh Zakier sebagai akseptor yang sudah melakukan pemasangan alat kontrasepsi bagi pria, (Vasektomi).

Dalam kegiatan tersebut juga di adakan pemberian bantuan sarana dan prasarana berupa BKB Kit, IUD Kit, Impant Kit, Sarana dan PPKBD Kit. Selain itu dari DP2KBP3A kab. Banjar melaksanakan pelayanan gratis untuk warga setempat yang ingin melakukan pemasangan Alat Kontrasepsi, (Implant, Pil, Suntik).

Tujuan dari Pembentukan Kampung KB ini adalah membumikan total Program KB di kehidupan masyarakat, sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah masing masing serta memberikan arah dan pedoman bagi para Penanggungjawab dan Pengelola Program KKB Tingkat Kecamatan dan Desa, dalam melakukan penggerakan di wilayah kerjanya untuk mempercepat pencapaian indikator output program KKB menuju keluarga bahagia dan sejahtera.

Dan dengan diadakannya kampung KB ini diharapkan dapat menjadi suatu inovasi strategis dalam penguatan Program KKBPK dan Pembangunan sektor terkait di seluruh tingkatan wilayah, terutama sebagai suatu langkah implementasi kegiatan prioritas yang memiliki daya ungkit terhadap upaya pencapaian target/sasaran yang telah ditetapkan serta memperluas cakupan penggarapan Program KKBPK yang dapat diterima manfaatnya secara langsung oleh masyarakat. Kemudian terkait dengan upaya perluasan cakupan/jangkauan kegiatan Kampung KB diperlukan dukungan mitra kerja/stakeholders serta program dan kegiatan lintas sektor juga harus dapat di integrasikan di Kampung KB.

Dan Program ini tidak akan terlaksana tanpa adanya sinergitas antara instansi terkait dan masyarakat dalam proses perwujudannya dan dukungan dari semua warga di wilayah Kecamatan Aluh-Aluh.










0 komentar:

Posting Komentar