Senin, 04 Desember 2017

Pemutaran Film dan Peresmian Kampung KB di Desa Tanah Intan Kecamatan Simpang Empat

Selasa malam, 28 November 2017 Tim dari Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Banjar melaksanakan pemutaran film di Desa Tanah Intan Kecamatan Simpang Empat , pemutaran film ini diselingi dengan iklan program KB guna memberikan informasi kepada masyarakat dan motivasi untuk ikut ber-KB. Kegiatan semacam ini adalah bentuk Sosialisasi, edukasi dan promosi kepada masyarakat dalam bentuk hiburan. Terbukti dengan banyaknya masyarakat yang hadir pada saat itu. Media promosi seperti ini sangat cocok untuk masyarakat yang bertempat di daerah yang jauh dari pusat kota atau daerah terpencil.

Pada besok harinya, Rabu 29 November 2017 dilaksanakan peresmian Kampung KB di Desa Tanah Intan Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Banjar, Rabu 29 November 2017, oleh Wakil Bupati Banjar H. Saidi Mansyur berserta Ibu Wakil Ketua I Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar Ibu Hj. Nur Gita Tiyas, S.Pd dalam acara yang dilaksanakan oleh Dinas P2KBP3A Kabupaten Banjar tersebut, dihadiri Kepala Dinas Ir. Hj. Rosana Mardina, MS, Perwakilan BKKBN Prop. Kalsel Ir. H. Ramlan, Camat Simpang Empat, Koramil, Kapolsek serta jajaran, PLKB, PKK Desa, Pembakalan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan masyarakat desa Tanah Intan.

Kepala Dinas P2KBP3A Kab. Banjar Ir. Hj. Rosana Mardina, MS dalam sambutannya mengatakan kampung KB menjadi salah satu inovasi strategis untuk dapat mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas program kependudukan baik itu program KB maupun Pembangunan Keluarga secara utuh di lapangan. Sementara Wakil Bupati Banjar H. Saidi Mansyur dalam sambutannya mengatakan Peresmian kampung KB “ Al-Hijrah” di Desa Tanah Intan diharapkan menjadi motivasi semua elemen untuk bersama-sama menjadikan Desa tersebut menjadi keluarga yang lebih sejahtera di kemudian hari melalui program KB dan program lain yang terkait dengan peningkatan keluarga sejahtera sekaligus meresmikan Kampung KB dan Penyerahan Sarana Kerja PPKBD kepada Ibu Barkiah dan Ibu Jamilah.

Dilanjutkan pembacaan Ikrar Kampung KB oleh Pengelola Kampung KB dan Ikrar Remaja GenRe oleh pihak Remaja Desa Tanah Intan Kecamatan Simpang Empat, kemudian acara hiburan yaitu pementasan drama oleh Pengelola Kampung KB Desa Tanah Intan.

Setelah peresmian juga dilaksanakan pelayanan KB gratis oleh DP2KBP3A Kab. Banjar, setiap akseptor pun dihadiahi souvenir untuk menambah animo masyarakat tersebut untuk ber-KB.

Dengan ini diharapkan dapat Mengubah paradigma bahwa membangun masyarakat dari pinggiran bukanlah semata-mata harapan, melainkan lebih kepada bagaimana memosisikan Program KB sebagai upaya membangun kesejahteraan dalam rangka mewujudkan agenda ketiga prioritas pembangunan pemerintah (Nawacita) yaitu “memulai pembangunan dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan” serta mewujudkan agenda kelima prioritas pembangunan yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui pembangunan kependudukan dan keluarga berencana.






0 komentar:

Posting Komentar