Rabu, 27 Desember 2017

Peresmian Kampung KB di Desa Salat Makmur Kecamatan Beruntung Baru

Pelaksanaan program Pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) 2017 di Kabupaten Banjar terus berlanjut, kali ini Peresmian program kependudukan itu dilaksanakan di desa Salat Makmur Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar pada kamis 7 Desember 2017. Acara ini dihadiri oleh Camat Beruntung Baru, perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel yang diwakilkan oleh Kabid Latbang Dra. Mei Ratnawati, Kepala Dinas P2KBP3A Kab. Banjar beserta rombongan, PLKB Kab. Banjar, Tim Penggerak PKK, Pambakal, Kepala KUA, Koramil, Polsek, Tokoh Agama dan Masyarakat serta undangan lainya.

Setelah dibuka dengan pembacaan doa oleh kepala KUA Beruntung Baru, para undangan kemudian menyanyikan bersama lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars KB, dilanjutkan laporan dan sambutan dari Camat Beruntung Baru, Drs. Agus Muslim, “ Kami menyambut baik realisasi program pencanangan kampung KB 2017 di desa Salat Makmur Kecamatan Beruntung Baru. Karena, program ini sangat strategis dan dirancang langsung oleh Bapak Presiden RI, Joko Widodo,” kata beliau.

Dilanjutkan sambutan dari kepala Dinas P2KBP3A Kab. Banjar Ir. Hj. Rosana Mardina MS. beliau menerangkan, “Tujuan utama dari program ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat ditingkat kampung melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta sektor terkait lainnya. Seperti kesehatan, pendidikan maupun pertanian”, jelasnya.

Dan dalam hal ini Tim KB Desa memiliki fungsi sebagai fasilitator, pembimbing dan pembina program pemberdayaan masyarakat. Nantinya, akan bermuara pada program Kampung KB yang sedang dilaksanakan di Desa Salat Makmur ini”, sambungnya.

Dalam penyelenggaraan program ini, Dra. Mei Ratnawati, Kabid Latbang BKKBN Provinsi menambahkan dalam hal ini melibatkan semua pihak termasuk elemen masyarakat di Kampung KB. Mulai dari Kepala Desa, Babinkamtibmas, Babinsa, Bidan Desa, Tokoh Masyarakat hingga kader-kader pembangunan lainnya. “Maka program ini dimulai dari lingkungan keluarga itu sendiri. Jika rumah tangga, lingkungan tempat tinggal hingga satu RT bahkan satu kampung sudah hidup bahagia maka sukseskan pencanangan program ini,” pendapatnya .

Bupati Banjar yang di wakili oleh Ibu Bupati sekaligus ketua Tim Penggerak PKK Kab. Banjar, Hj. Raudatul Wardiah menambahkan pembentukan dan pencanangan Kampung KB tindaklanjut dari Surat Edaran Mendagri berkenaan dengan dukungan dalam mensukseskan pembentukan Kampung KB di seluruh Kabupaten dan Kota di Indonesia. Maka dalam upayanya mensukseskan program ini sudah merupakan tanggung jawab kita bersama lanjut beliau.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan ikrar Kampung KB oleh pengelola Kampung KB dan pembacaan ikrar remaja Genre oleh PIK desa Salat Makmur, serta penyerahan sarana kerja PPKBD dan buku orang tua hebat.

Maka Program Pencanangan Kampung KB di Desa Salat Makmur pun diakhiri dengan dengan penandatanganan prasasti peresmian dan pembukaan tirai papan secretariat Kampung KB desa Salat Makmur oleh Ibu Bupati Banjar.










0 komentar:

Posting Komentar