Rabu, 27 Desember 2017

Peresmian Kampung KB di Desa Pembantanan Kecamatan Sungai Tabuk

Desa Pembantanan diresmikan sebagai salah satu Kampung Keluarga Berencana (KB) dari beberapa desa se-Kecamatan di Kabupaten Banjar, oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar, Hj. Raudatul Wardiah, Senin 11 Desember 2017.

Camat Sungai Tabuk, mengucapkan terimakasih kepada Ibu Bupati Banjar serta berbagai pihak terkait atas dukungan dan komitmennya dalam pembentukan Kampung KB mulai dari proses pemilihan sampai peresmiannya.

“Dalam penerapan Kampung KB kami berharap partisipasi dan peran serta dari masyarakat sangat dibutuhkan untuk mensukseskan program-program yang dialokasikan pada Kampung KB. Harus adanya komitmen dari semua unsur penanganan dalam membangun Kampung KB dan pelaksanaan program pembangunan harus bersinergi, berkolaborasi dan saling mendukung satu sama lain dalam mengisi berbagai kegiatan Kampung KB. Semoga dengan adanya Kampung KB dapat memberikan manfaat bagi warga desa yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kampung KB,” sambungnya.

Selain Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Banjar, dalam acara tersebut turut hadir perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi, Bapak Akhmad Sajali Kabid Advin, dalam sambutannya meminta kerjasama lintas sektoral dari berbagai pihak untuk mendukung penuh keberhasilan Kampung KB.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Banjar, Ir. Hj. Rosana Mardina MS, dalam sambutannya menekankan “10 Indikator Utama Keberhasilan Kampung KB harus betul-betul diperhatikan seperti semua ibu hamil dan menyusui terlayani kesehatan dan KB, semua keluarga yang punya anak 0-6 tahun terlayani BKB, kelompok lansia terlayani BKL, Unmet Need (kebutuhan keluarga berencana yang belum terpenuhi) kurang dari 10 persen, dll. Terangnya.

“Harus ada kerjasama semua pihak agar tujuan Kampung KB, yakni meningkatkan kualitas hidup dan kesejateraan khususnya masyarakat Kampung KB bisa terlaksana dengan baik. Kita harus memperkuat dan merevitalisasi Program KB, kependudukan dan pembangunan keluarga. Ini agar kita tidak berhenti pada pencananangan ini saja, namun aksi dan gerakan selanjutnya,” tambah beliau.

Ibu Bupati sekaligus ketua Tim Penggerak PKK Kab. Banjar menambahkan, pelaksanaan program kampong KB ini bukan seremonial yang utama, melainkan kegiatan yang dapat menyentuh secara langsung pada masyarakat. "Sehingga baik sekali untuk kita ikuti. Memiliki pencapaian menghantarkan kesejahteraan pada masyarakat," pungkasnya .

Dinas P2KBP3A Kab, Banjar juga melaksanakan pelayanan KB gratis pada acara tersebut, melalui sarana Mobil Unit Pelayanan KB.









0 komentar:

Posting Komentar