Rabu, 25 April 2018

Pelayanan KB Gratis di Desa Gudang Hirang Kecamatan Sungai Tabuk

Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Bidang KB Kab. Banjar bekerja sama dengan Kodim 1006 Kab. Banjar mengadakan pelayanan gratis melalui media Mobil Unit Pelayanan KB (MUYAN), di Desa Gudang Hirang Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar, Kamis 19 April 2018.

Diadakannya pelayanan KB ini adalah untuk membentuk keluarga kecil sesuai dengan kekutan sosial ekonomi suatu keluarga dengan cara pengaturan kelahiran anak, agar diperoleh suatu keluarga bahagia dan sejahtera yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.Memperbaiki kesehatan dan kesejahteraan ibu, anak, keluarga dan bangsa. Mengurangi angka kelahiran untuk menaikkan taraf hidup rakyat dan bangsa, memenuhi permintaan masyarakat akan pelayanan KB yang berkualitas termasuk upaya menurunkan angka kematian ibu, bayi, dan anak serta penanggulangan masalah kesehatan reproduksi. Pelayanan KB yang diberikan berupa Implant, Sebanyak 22 pasien mendaftar pada paelayanan KB tersebut, baik pasang, maupun bongkar pasang. Sementara pemasangan alat kontrasepsi juga dilakukan di rumah salah satu warga desa gudang hirang, yang mana saat berlangsungnya pelayanan KB juga dibantu oleh Penyuluh KB Kec. Sungai Tabuk, beserta para Kader .

Untuk pengguna jenis KB Implant masih menjadi pilihan para akseptor dikarenakan berjangka waktu lama dan simple, salah seorang akseptor mengatakan lebih mudah memakai implant soalnya di pasang ditangan, dan tidak ribet, ucap salah satu dari mereka sambil tertawa.

Besoknya, Jum’at 20 April 2018 juga dilaksanakan pelayanan gratis di halaman parkir DP2KBP3A masih melalui Mobil Unit Pelayanan KB, yang melayani 4 akseptor dari Martapura Kota.

Sukini SKM, selaku Kasi Bina Kesertaan KB dan Kesehatan Reproduksi DP2KBP3A Kab. Banjar mengatakan pihaknya akan terus memberikan pelayanan dan siap untuk terjun ke desa desa lainnya, tergantung dari permintaan dan dan kerja sama dari penyuluh KB diberbagai kecamatan. Beliau berharap,”semoga dengan diadakannya kegiatan pelayanan KB ini dapat mengurangi angka kematian ibu dan anak di wilayah kabupaten Banjar, menanggulangi masalah kesehatan reproduksi,meningkatan kesejahteraan keluarga, meningkatan derajat kesehatan dan meningkatan sistem pengelolaan dan kapasitas SDM di wilayah kabupaten Banjar.”.






0 komentar:

Posting Komentar