Minggu, 22 April 2018

Seminar Pemulasaran dalam Rangkaian Meningkatkan Kualitas Hidup Perempuan

Setiap tanggal 21 April kita sebagai warga Negara Indonesia khususnya perempuan merayakan hari kartini dari tahun ketahun sejauh kita ingat setiap hari kartini disekolah diwajibkan memakai pakaian adat daerah dari berbagai pelosok tanah air atau kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kewanitaan. Makna hari kartini adalah simbol persamaan gender, emansipasi wanita di Indonesia, dimana disini peranan Raden Ajeng Kartini sang Pahlawan Nasional Indonesia sebagai pelopor perjuangan kaum perempuan.

Sosok Kartini yang menjadi sumber inspirasi dan motivator bagi kaum perempuan di Indonesia dengan ajaran-ajaran yang lebih menjunjung tinggi akal dan budi pekerti. Dimana beliau memberikan ajaran pada ketahanan keluarga. Disisi lain, pada zaman era sosialisasi ini, kita sadari benar bahwa nilai budi pekerti, kepedulian mulai terkikis baik di lingkungan masyarakat, maupun di lingkungan keluarga kita sendiri. Sebuah bangsa akan maju tergantung pada kualitas perempuan, dan dibalik suksesnya sebuah keluarga ada seoarang perempuan yang kuat .

Maka untuk memperingati hari kartini pada hari senin 16 April 2018, bertempat di Aula Sekretariat TP. PKK Kabupaten Banjar, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak DP2KBP3A Kabuptaen Banjar, bersama Bidang Pemberdayaan Perempuan mengadakan kegiatan seminar dengan tema “Pemulasaran Jenazah untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Perempuan” tema ini diambil di latar belakangi oleh karena masih rendahnya kualitas hidup perempuan terutama pengetahuan dan keterampilan pemulasaran jenazah perempuan. Acara Seminar ini adalah merupakan salah satu program kerja dari Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Banjar Tahun 2018 yang tertuang dalam DPA Bidang Pemberdayaan Perempuan, dalam hal ini Dinas P2KBP3A bekerjasama dengan TP. PKK Kabupaten Banjar & Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Banjar.

Adapun peserta Seminar sebanyak 100 peserta yang terdiri dari Kader PKK di Kabupaten Banjar. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan Laporan Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Seminar oleh Ir. Rusydah selaku Kabid Pemberdayaan Perempuan DP2KBP3A Kab. Banjar, dilanjutkan sambutan sekaligus membuka acara seminar dalam rangka Hari Kartini oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar Hj. Raudatul Wardiyah, dalam sambutannya beliau mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu realisasi program TP. PKK Kabupaten Banjar untuk membekali para kadernya untuk berpartisipasi dalam memandikan jenazah, dengan adanya seminar ini diharapkan nantinya kader PKK dapat menjadi fasilitator pemandian jenazah sesuai dengan syariat islam dilingkungan mereka.

Tak hanya itu peserta undangan juga di hibur dengan penampilan tim dari DP2KBP3A kab. Banjar dengan menyanyikan bersama Jinggle Three Ends. Acara dilanjutkan penyampaian materi pertama yang disampaikan oleh Bapak Haya Zabidi, M.Ag dan Materi kedua oleh Hj. Masfah, serta sesi dialog antara narasumber dan peserta seminar.

Adapun tujuan seminar ini adalah untuk memberikan pemahaman dan keterampilan perempuan dalam pemulasaran jenazah perempuan, dengan harapan menjadikan para perempuan Indonesia khususnya di kabupaten Banjar menjadi lebih terampil dan berkualitas.







0 komentar:

Posting Komentar