Minggu, 06 Mei 2018

Pembinaan P2WKSS dan KSI di Desa Surian Hanyar Kecamatan Cintapuri Darussalam

Pembinaan Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) dan Kecamatan Sayang Ibu (KSI) Merupakan kegiatan program terpadu lintas sektor sebagai salah satu bentuk Implementasi dari persamaan gender untuk meningkatkan peran dan kualitas kaum perempuan sehingga terwujud pemberdayaan perempuan yang berkeadilan gender. Tujuannya menetapkan desa/kelurahan yang berhasil melaksanakan secara terpadu P2WKSS sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan, dan berdampak terhadap kesetaraan gender.

Pembinaan P2WKSS dan KSI ini juga merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengangkat citra wanita dan meningkatkan perannya dalam berbagai aktifitas pembangunan melalui program lintas sektoral.

Dalam hal ini Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Banjar Bidang Pemberdayaan Perempuan menjadi fasilitator dalam pelaksanaan Pembinaan P2WKSS dan KSI di desa Surian Hanyar Kecamatan Cintapuri Darussalam Kabupaten Banjar, pada hari kamis 26 April 2018.

Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Banjar yang saat itu diwakili oleh Ir. Rusmini MM. Selaku Sekretaris DP2KBP3A Kab. Banjar, Tim Evaluasi P2WKSS dan KSI Prov. Kal-Sel, Ketua TP PKK Kecamatan Cintapuri Darussalam, Kepala Desa Surian Hanyar beserta ketua TP PKK desa Surian Hanyar, Penyuluh KB, para kader PKK dan warga masyarakat lainnya.

Sebelum acara dimulai terlebih dahulu diberikan sosialisasi PUP oleh Ir. Ir. Fakhruddin selaku Penyuluh KB Kec. Cintapuri Darusalam, dilanjutkan sambutan Sekretaris DP2KBP3A Kab. Banjar, Ir. Rusmini MM, Sekaligus membuka acara tersebut. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa kaum wanita tidak bisa di anggap remeh dan dipandang sebelah mata bahkan dianggap sebagai kaum rumahan, tetapi saat ini wanita semakin dituntut perannya untuk ikut mengisi dan berpartisipasi dalam pembangunan, Pemerintahan maupun kemasyarakatan. Termasuk upaya memberdayaan masyarakat, meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan keluarga.

Karenanya pembangunan kedepan sangat membutuhkan aliansi, kerja sama, dukungan yang sejajar antar semua komponen masyarakat, tidak terkecuali bagi kaum perempuan, yang dimulai dari lingkungan keluarga, kewilayahan hingga Bangsa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Provinsi Kal- Sel menambahkan bahwa Pemerintah Kal-Sel terus berharap peran aktif seluruh lapisan masyarakat termasuk kaum perempuan dalam program pembangunan yang berlangsung di daerah, selain menyandarkan kepada seluruh aparatur pemerintah dan para pemangku kepentingan (Stake Holder) yang ada. Yang jelas Pemberdayaan Perempuan adalah sesuatu hal yang harus terus menerus dilakukan, ungkap beliau.

Program P2WKSS dan KSI dari tahun ke tahun dapat semakin bersinergi dengan beberapa program dari Instansi dan Lembaga yang lain. Harapannya kegiatan ini akan mempunyai daya ungkit yang lebih besar dengan motor penggeraknya yaitu kaum perempuan. Dengan demikian tujuan kemandirian keluarga bidang Ekonomi, Kesehatan, Pendidikan dan bidang lainnya dapat terwujud dengan baik.






0 komentar:

Posting Komentar