Selasa, 31 Juli 2018

Life Skill bagi Kaum Perempuan di Desa Surian Hanyar

Dalam rangka meningkatkan kualitas perempuan dimasyarakat untuk membantu memperkuat serta meningkatkan perekonomian keluarga Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Banjar bidang Pemberdayaan Perempuan melaksanakan kegiatan Life Skill Bagi Kaum Perempuan di Desa Surian Hanyar Kecamatan Cintapuri Darusalam yang merupakan Desa P2WKSS di Kabupaten Banjar. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari, 23 sampai 26 Juli tahun 2018.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Banjar yang diwakili oleh Kabid Pemberdayaan Perempuan Ir. Rusydah, beliau menyampaikan pendampingan Life Skill bagi kaum perempuan di desa Surian Hanyar ini dapat menyerap ilmu yang diajarkan oleh para narasumber dari proses pembuatan, pengelolaan hasil sampai cara pemasaran yang bisa meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga paling tidak untuk di konsumsi di keluarga, dan produk agar bernilai lebih tinggi dari produk sejenis yang beredar dipasaran.

Dan diharapkan dari pendampingan ini dapat menghidupkan kembali kegiatan berupa peningkatan kesejahteraan masyarakat yang sudah pudar. Kegiatan ini juga di dukung penuh oleh Ibu Camat Cintapuri Darusalam yang juga turut hadir mendampingi dari pembukaan sampai acara selesai selama beberapa hari tersebut.

Kegiatan Life Skill ini sendiri berisikan tentang cara pembuatan jajanan pasar sampai makanan seperti Risol, Pastel sampai Ayam Geprek. Sebanyak 28 peserta terlihat antusias mengikuti arahan dari kedua narasumber yaitu Siti Mardiyah dari PKK Kabupaten Banjar dan Diah Ismayanti dari UVAYA, salah seorang narasumber menyampaikan bahwa kita bisa membuat produk dengan bahan baku yang banyak di Desa tersebut, semisal singkong banyak tumbuh disana atau para petani banyak menghasilkan singkong, maka kita bisa membuat hasil olahan dengan bahan baku singkong. Sementara salah seorang peserta Life Skill juga mengatakan senang mengikuti kegiatan ini, karena bisa belajar membuat sesuatu dengan mudah dan murah, serta dapat membantu perekonomian keluarga nantinya, selesai ini saya akan membuat sendiri dan menjualnya di sekolah sekolah di Desa, tambahnya.

Dengan kegiatan ini, diharapkan partisipasi perempuan semakin meningkat dan kaum perempuan harus mendapatkan akses, kontrol, dan manfaat yang sama dengan laki-laki dalam menikmati buah pembangunan.









0 komentar:

Posting Komentar