Minggu, 07 Oktober 2018

Pencanangan Kampung KB di Desa Alalak Padang Kec. Cintapuri Darussalam bersama Sekda Banjar

Pencanangan Kampung Keluarga Berencana di wilayah Kabupaten Banjar terus berlanjut. Kali ini Pencanangan Kampung KB tingkat Kecamatan dilaksanakan di desa Alalak padang Kecamatan Cintapuri Darussalam oleh Sekretaris Daerah Kab. Banjar Ir. H. Nasrunsyah MP pada hari Kamis, 4 Oktober 2018.

Hadir dalam acara tersebut, PLT Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kab. Banjar, Kepala Dinas Perwakilan BKKBN provinsi Kal-Sel, Camat Cintapuri, Kepala Dinas tiap-tiap SKPD se-Kab. Banjar, Penyuluh KB Kecamatan Cintapuri Darussalam, Babinmas Kecamatan Cintapuri darusalam, Pembakal, tokoh masyarakat, aparat desa, tim dari DP2KBP3A serta masyarakat desa Alalak Padang.

Acara ini juga di padukan dengan Germas, pelayanan imunisasi MR, serta pelayanan KB oleh Dinas Kesehatan dan DP2KBP3A kab. Banjar.

Sebelum diresmikan para Kepala Dinas memulai dengan berbagai pertanyaan kepada masyarakat seputar program masing-masing SKPD, seperti Dinas Kesehatan yang memberikan hadiah kepada anak-anak yang berani diberi imunisasi MR.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti Kampung KB oleh Sekda. Sebelum itu Sekretaris daerah menyampaikan bahwa Pencanangan Kampung KB diharapkan menjadi motivasi semua elemen untuk bersama-sama menjadikan Desa Alalak Padang sebagai Kampung KB dengan keluarga yang lebih sejahtera dikemudian hari melalui program KB dan Program lain yang terkait dengan peningkatan keluarga sejahtera serta menjadi salah satu inovasi strategis untuk dapat mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas program kependudukan dan pembangunan dilapangan.

"Kampung KB merupakan salah satu bentuk / model miniature pelaksanaan total program Kependudkan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh yang melibatkan seluruh bidang dan mitra kerja instansi terkait sesuai kebutuhan dan kondisi wilayah, serta dilaksanakan di lingkungan terendah," terangnya.

Kampung KB, dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat. Dalam hal ini dilaksanakan guna memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat, untuk memperoleh pelayanan total program KB.

“Itu dilakukan sebagai upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas, agar mampu mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul dan kehidupan keluarga yang berkualitas, tenteram dan sejahtera. Sehingga Program ini menjadi urgen dilakukan, mengingat jumlah penduduk semakin bertambah dari waktu ke waktu," lanjut Beliau. (DP2KBP3A-Kab.Banjar).







0 komentar:

Posting Komentar