Rabu, 17 Oktober 2018

Rapat Pendataan Data Terpilah Gender dan Anak

Martapura - Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kab. Banjar bidang Pemberdayaan Perempuan melaksanakan Rapat Pendataan Data terpilah Gender dan Anak Kab. Banjar tahun 2018, Rabu (17/10/2018) di Aula Kantor Dinas P2KBP3A Kab. Banjar.

Pendataan Data terpilah Gender dan Anak Kab. Banjar ini sendiri melibatkan Dinas Pendidikan, Sosial, UPPA Polres Banjar, BKDPSDM, DPMD, BPS, Dinkes, Dukcapil, Dinsos serta DP2KBP3A Kab. Banjar.

Dalam menyampaikan sambutan dan sekaligus membuka acara Kepala Dinas P2KBP3A Kab. Banjar yang diwakili Kabid Pemberdayaan Perempuan Ir. Rusydah mengatakan bahwa pentingnya data terpilah dalam merencanakan program dan kegiatan pada masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar untuk memastikan bahwa program dan kegiatan masing-masing SKPD responsip gender. Data gender dan anak tersebut sangat penting sebagai bahan informasi mengenai dampak suatu kebijakan yang telah kita lakukan, sehingga di kemudian hari dapat dijadikan bahan evaluasi untuk perencanaan pembangunan di daerah ini lanjut beliau.

Adapun isi dari kegiatan ini adalah untuk mendiskusikan data terpilah Gender sebagai data penunjang Evaluasi PUG yang bertujuan untuk memperoleh informasi pembuka wawasan yang dapat menggambarkan kondisi, kebutuhan, persoalan yang dihadapi perempuan dan laki-laki terkait dengan akses, partisipasi, kontrol dan manfaat dalam pembangunan, sehingga memudahkan dalam proses perencanaan dan penganggaran program dan kegiatan pembangunan yang Responsif Gender dan data yang dipilah menurut jenis kelamin dapat digunakan sebagai EYE OPENER untuk mengetahui ada tidaknya kesenjangan gender. (DP2KBP3A-Kab.Banjar/Agus S).



0 komentar:

Posting Komentar