Senin, 28 Januari 2019

PEMBENTUKAN DAN PERESMIAN CoE BINA KELUARGA LANSIA

Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kab. Banjar, bidang Keluarga Berencana kembali melakukan upaya komperhensif dengan melaksanakan pembentukan sekaligus meresmikan “Center Of Exellence (COE) Bina Keluarga Lansia (BKL)” di desa Tambak Anyar Ulu Kecamatan Martapura Timur Kab. Banjar pada hari Selasa, 29 Januari 2019. Pembentukan dan Peresmian ini dilakukan dalam rangka pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga khususnya peningkatan kualitas keluarga yang memiliki lansia. Acara ini dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar, Staff Ahli bidang Kemasyarakatan dan SDM, Kepala Dinas P2KBP3A Kab. Banjar, Camat beserta Ketua TP PKK Kecamatan Martapura Timur, Kepala SKPD lingkup Kab. Banjar, Ketua IBI Kab. Banjar, pembakal dan beserta Ketua TP PKK Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Koordinator PKB, Kader BKL serta para lansia.

Pada kesempatan ini, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Banjar, Hj. Raudathul Wardiyah memberikan sambutan sekaligus meresmikan CoE BKL Desa Tambak Anyar Ulu, beliau mengatakan dengan semakin meningkatnya jumlah lansia, maka perhatian terhadap mereka perlu ditingkatkan, agar terwujud kualitas keluarga yang sejahtera lahir dan bathin. Karena dilanjut usia, para lansia banyak menghadapi berbagai perubahan dalam hidupnya baik, fisik, sosial dan ekonomi, terutama dari segi kesehatan.

Maka melalui ini, dapat menumbuhkan semangat dan meningkatkan kualitas pengelolaan kelompok kegiatan kegiatan lansia. Karena peran aktif lansia dalam mengisi dan mendukung masih dibutuhkan dalam pembangunan masih dibutuhkan berdasarkan pengalaman mereka, sehingga menjadi lansia yang tangguh dan produktif dalam hidupnya tanpa harus ketergantungan kepada orang lain.

Kepala Dinas P2KBP3A Kab. Banjar. Dra. Hj. Siti Hamidah, M.Si berharap COE BKL nantinya akan menjadi pusat pembinaan dan pengembangan program BKL yang unggul, bertujuan meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku sehat, aktif juga bagaimana cara menangani perawatan lansia. disamping itu sebagai percontohan bagi kelompok-kelompok BKL lainnya, “tambah beliau.

1 komentar: