Selasa, 26 Februari 2019

PELAYANAN KB MOBILE DI DESA SUMBER BARU KECAMATAN SUNGAI PINANG

Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kab. Banjar melalui BIdang KB dan KS terus berupaya untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan KB, Salah satunya melakukan pembinaan kesertaan KB jalur wilayah tertinggal, terpencil (Galciltas) dan daerah miskin perkotaan atau sasaran khusus sebagai salah satu kegiatan prioritas.

“Hal ini sejalan dengan Agenda Prioritas Pembangunan ke-3, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan," ungkap Kasi Bina Kesertaan KB dan Kesehatan Reproduksi Sukini, SKM, saat kegiatan Pelayanan dan Penyuluhan KB Mobile di Desa Sumber Baru, Kecamatan Sungai Pinang, Kabupaten Banjar pada hari Senin 25 Februari 2019.

Melalui pembinaan kesertaan KB jalur wilayah khusus penting untuk dilakukan, baik di wilayah galciltas maupun miskin perkotaan Wilayah galciltas ini memiliki hambatan berupa terbatasnya akses terhadap pelayanan yang berkualitas karena terbatasnya sarana dan prasarana yang ada, terutama fasilitas pelayanan kesehatan dan tenaga medis.

“Sebaliknya, penduduk yang tinggal di wilayah kumuh perkotaan mungkin memiliki fasilitas pelayanan kesehatan yang memadai tapi mereka tidak mampu mengakses pelayanan yang berkualitas karena masalah ekonomi,” lanjutnya.

Adapun bentuk dari pelayanan diantaranya pemasangan alat kontrasepsi jangka panjang berupa implant dan IUD, untuk saat ini implant dan IUD masih menjadi pilihan dari masyarakat khususnya untuk mereka yang tinggal diwilayah galcitas, dikarenakan jangka panjang dan tidak dilakukan secara rutin seperti suntik dan pil.

Selain itu dilakukan juga penyuluhan kepada masyrakat seputar alat kontrasepsi yang cocok untuk mereka, sampai masalah kesehatan.

Dengan adanya pelayanan KB bergerak ini diharapkan dapat menjadi tumpuan harapan masyarakat di suatu daerah, khususnya wilayah galciltas dan miskin perkotaan, dalam memenuhi kebutuhan pelayanan KB kedepannya.

Pelayanan KB bergerak dapat menjadi pilihan alternatif bagi pemerintah dalam memenuhi kewajibannya untuk menyediakan pelayanan KB dan kesehatan reproduksi kepada kelompok masyarakat sasaran, terutama yang kebutuhan ber-KB-nya belum terlayani.



0 komentar:

Posting Komentar