Senin, 23 September 2019

Bhakti Sosial KB Kes TNI di Desa Paramasan Bawah

DP2KBP3A Kabupaten Banjar bekerja sama dengan Kodim 1006 Martapura dan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar pada tanggal 19 September 2019 melaksanakan kegiatan Bakti Sosial KB KES TNI di Desa Bancing Kecamatan Paramasan. Berbagai jenis kegiatan pelayanan terhadap masyarakat Kecamatan Paramasan seperti Pelayanan KB gratis, pemeriksaan kesehatan, penyuluhan dan sosialisasi serta penanaman pohon digelar pada momen tersebut. Dalam kegiatan pelayanan KB gratis yang dilaksanakan oleh bidang KB KS DP2KBP3A Kabupaten Banjar, sebanyak 15 orang akseptor telah dilayani dengan jenis konstrasepsi IUD sebanyak 3 orang dan 12 orang dengan kontrasepsi berjenis Implant.

Kegiatan pelayanan KB gratis yang menjadi bagian dari Bakti Sosial KB KES TNI tersebut memang menargetkan masyarakat yang tinggal di daerah dengan akses pelayanan KB yang sulit, sehingga mereka bisa mendapatkan kontrasepsi berkualitas secara gratis dan mudah. Selain itu, untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat terhadap Program KKBPK khususnya bagi Pasangan Usia Subur yang hadir di acara tersebut diberikan Komunikasi, Informasi dan Edukasi melalui metode penyuluhan dan sosialisasi langsung.

Antusias masyarakat yang tinggi terhadap kegiatan2 yang dilaksanakan pada hari itu menggambarkan bahwa dibalik keterbatasan akses dan informasi, masyarakat khususnya di Kecamatan Paramasan memiliki kesadaran yang cukup tinggi terhadap program KKBPK, yang di masa sekarang bukan lagi hanya sekedar pengendalian kelahiran saja, akan tetapi sudah berkembang hingga menyentuh kesehatan reproduksi, pembinaan kelompok2 kegiatan (BKB, BKR, BKL) dan peningkatan ketahanan keluarga melalui pembangunan keluarga yang berkualitas.






0 komentar:

Posting Komentar