Senin, 11 November 2019

SosialisasiI Tentang Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat

Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kab Bidang Perlindungan Anak. Banjar menggelar Sosialisasi tentang Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) yang dilaksanakan di Aula wisma sultan sulaiman, martapura pada hari selasa 12 November 2019 ini dihadiri oleh Sekretaris DP2KBP3A Kab. Banjar serta semua komponen yang ada di masyarakat seperti Kodim, Babinkamtibmas tiap-tiap kecamatan, penyuluh, kader, PKK, Posyandu, Perkumpulan Remaja, Kaum Bapak, Kaum Ibu, Lembaga Pendidikan, Keagamaan dan LSM.

Kegiatan ini di buka langsung oleh Kepala Dinas P2KBP3A Kab. Banjar Ibu Dra. Hj. Siti Hamidah, M. Si di dampingi Sekretaris DP2KBP3A Kab. Banjar Dr. H. Eko Subiyanto, BSc dan di pandu oleh Narasumber dari Bappelitbang, Bappeda dan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPA) Provinsi Kalsel.

Kepala DP2KBP3A Kab. Banjar dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan kebijakkan dan melaksanakan berbagai program yang mendukung pemenuhan hak dan perlindungan anak seperti pengembangan kabupaten / kota layak anak (KLA), sekolah ramah anak (SRA), pembentukan forum anak, pengadilan ramah anak, dan lain-lain. dimana semua program tersebut diratifikasi seluruh Kabupaten/Kota Se-Indonesia termasuk Kab. Banjar.

Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melakukan penelitian di berbagai wilayah Indonesia yang menghasikan gagasan dan strategi gerakan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM).

Pengertian dari Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) sendiri adalah sebuah gerakan dari jaringan atau kelompok warga pada tingkat masyarakat yang bekerja secara terkoordinasi untuk mencapai tujuan perlindungan anak. maka Melalui PATBM, masyarakat diharapkan mampu mengenali, menelaah, dan mengambil inisiatif untuk mencegah dan memecahkan permasalahan kekerasan terhadap anak yang ada di lingkungannya sendiri khususnya di Kab. Banjar.




0 komentar:

Posting Komentar