Page Nav

HIDE

Pages

Breaking News:

latest

DP2KBP3A Kabupaten Banjar

Pelayanan KB Bergerak KB Kes TNI dan TP PKK di Kecamatan Astambul

  Bertempat di Puskesdes Kelampayan Tengah pada Kamis, 22 Juli 2021 Dinas P2KBP3A Kab. Banjar bersama Kodim 1006 Martapura dan TP PKK kab. B...

 Bertempat di Puskesdes Kelampayan Tengah pada Kamis, 22 Juli 2021 Dinas P2KBP3A Kab. Banjar bersama Kodim 1006 Martapura dan TP PKK kab. Banjar melaksanakan Pelyanan KB Bergerak melalui MUYAN.

Kegiatan tersebut disambut antusias warga dari berbagai desa di Kecamatan Astambul. Bersama Tim DP2KBP3A Kab. Banjar Bidang KB dan KS bekerjasama dengan Kodim1006, TP PKK, Koordinator PKB, Penyuluh KB dan Kader melaksanakan pelayanan tersebut dengan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) yang diberikan Kepada 45 Akseptor, dengan metode kontrasepsi Implant sebanyak 41 orang dan IUD sebanyak 4 orang, serta melalui Prokes yang sudah ditentukan dengan memakai masker, menjaga jarak dan tertib.

Sukini, SKM selaku Kasi Bina Kesertaan KB dan Kespro DP2KBP3A menjelaskan bahwa “Pandemi Corona Viruses Diaseas 2019 (COVID 19) yang melanda dunia saat ini tak terkecuali Indonesia telah membawah dampak yang sangat besar terhadap berbagai sektor kehidupan masyarakat salah satunya sektor Kesehatan dan Pelayanan KB. Penyebaran Virus yang sangat cepat dan sulit untuk dideteksi menyebabkan banyak Pasangan Usia Subur (PUS) yang ingin ber-KB menunda ke fasilitas kesehatan (faskes) karena khawatiran tertular COVID 19.

Padahal, di masa pandemi ini kontrasepsi sangat dibutuhkan seiring dengan meningkatnya intensitas kedekatan pasangan suami-istri selama masa isolasi mandiri dirumah. Jika kondisi ini terus berlarut, dikhawatirkan tingkat putus pakai KB akan meningkat menyebabkan terjadi Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD) yang berujung pada fenomena baby boom atau ledakan kelahiran bayi di beberapa bulan kedepan, karena itulah kami akan terus berusaha terjun ke desa-desa untuk memberikan pelayanan seperti ini, jelasnya.

Sementara itu Danramil 1006-02/ Pengaron yang hadir pada saat itu Kapten Inf Ode Saepudin, disela-sela kegiatan mengatakan “melalui program ini dapat mewujudkan sinergi antara TNI, pemerintah bersama KB, Kesehatan dan PKK dalam usaha meningkatkan kualitas kesehatan guna meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat”, ujar beliau.

Diakhir pelayanan Kodim 1006 dan PKK juga memberikan sembako kepada para akseptor yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan pelayanan tersebut.







Tidak ada komentar

Arsip Blog